Kamis, 25 Juli 2019

MONUMEN GUBERNUR SURYO DI SURABAYA

Dipusat kota Surabaya terdapat sebuah monumen yang tempatnya persis di depan Gedung Negara Grahadi. Gedunga Negara Grahadi merupakan gedung milik pemerintah yang biasa dipergunakan oleh gubernur Jawa Timur menerima tamu-tamu kenegaraan dan pelaksanaan upacara resmi kenegaraan di Jawa Timur seperti upacara hari kemerdekaan. Monumen di depan Gedung Negara Grahadi adalah monumen Gubernur Suryo yang merupakan gubernur Jawa Timur pertama kali sejak Indonesia Merdeka.
Gubernur Suryo mendapat gelar pahlawan dari Pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No 294 Tahun 1964 tanggal 17 November 1964 dan saat itu presiden RI masih dijabat oleh Ir. Soekarno .


Monumen Gubernur Suryo di Surabaya (doc. pribadi)

Monumen Gubernur Surya menggambarkan sosok sang gubernur Jawa Timur sedang berdiri tegak sikap sempurna dalam baris berbaris dengan memandang ke depan Gedung Negara Grahadi yang berada persis didepannya yang terpisahkan oleh jalan raya utama di pusat kota Surabaya dengan nama jalan Gubernur Suryo sebagai penghargaan pemerintah kepada beliau.
Pada bagian depan di bawah kaki Monumen Gubernur Suryo terdapat kata-kata pidato beliau saat terjadi pendudukan Inggris di Surabaya. Di samping kanan monumen terdapat plakat peresmian monumen yang diresmikan pada tahun 1979 oleh Gubernur Jawa Timur saat itu. Sedangkan di kiri monumen terdapat plakat nama pemrakarsa pembangunan Monumen Gubernur Suryo.


Plakat Maklumat Gubernur Suryo di kaki monumen (doc. pribadi)


Plakat Peresmian Monumen gubernur suro (doc. pribadi)


Plakat pemrakarsa Monumen Gubernur Suryo (doc. pribadi)

Di monumen Gubernur Suryo pengunjung dapat hanya sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan kota dengan tanaman bunga dan pohon rindang yang tumbuh subur dan biasanya air mancur kecil di sekeliling monumen juga diaktifkan sehingga suasananya menjadi segar.


Lingkungan bersih dan rindang di Monumen gubernur Suryo (doc. pribadi)

Kebersihan sangat terjaga di sekitar monumen dan fasilitas bagi pengunjung juga cukup lengkap. Bagi pengunjung anak-anak dapat bermain di area permainan anak yang disediakan oleh pemerintah kota Surabaya. Sarana permainan ini dapat dipergunakan oleh pengunjung secara bebas tanpa dipungut biaya.


Sarana Permainan anak di Monumen Gubernur Suryo (doc. pribadi)

Pengunjung yang sudah agak dewasa baik itu masih usia sekolah atau orang dewasa pada umumnya juga dapat mempergunakan sarana oleh raga di komplek Monumen Gubernur Suryo. Sarana olah raga yang ada di sini adalah lapangan futsal dengan rumput buatan yang tampak hijau dan nyaman dan aman untuk bermain futsal. Lapangan futsal dikelilingi pagar yang cukup aman agar bola yang ditendang oleh para pemain tidak keluar lapangan terlalu jauh bahkan sampai di jalan raya karena jalan raya Gubernur Suryo merupakan jalan raya yang sangat sibuk dan padat setiap harinya.


Lapangan Futsal di Komplek Monumen Gubernur Suryo (doc. pribadi)

(Selamat Berlibur Bersama Keluarga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar