Selasa, 16 Juli 2019

BERWISATA DI BUDHA TIDUR MOJOKERTO


Budha Tidur (doc. pribadi)

Berkunjung dan berwisata di Mojokerto jangan lupa mampir di tempat wisata religi Budha Tidur yang terletak di desa Bejinjong, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Tempat wisata Budha Tidur selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai macam agama bukan hanya umat agama Budha. Tempat parkir di area Budha Tidur tersedia cukup luas baik untuk roda empat ataupun roda dua akan tetapi memamng ongkos parkir yang harus dibayar lumayan mahal apalagi pada saat liburan dimana pengunjung untuk kendaraan roda empat harus membayar biaya Rp. 10.000,- sedangkan sepeda motor Rp. 5.000,-. Pengelolaan parkir dengan memberdayakan masyarakat sekitar atau karang taruna sehingga keberadaan wisata ini membuat ekonomi masyarakat sekitar juga ikut terdongkrak dengan banyaknya pedagang yang berjualan disekitar lookasi wisata baik oleh-oleh atau makanan. Setiap pengunjung di wisata Budha Tidur harus membayar biaya retribusi yang cukup murah untuk membantu pengelola dalam merawat tempat wisata religi tersebut. Fasilitas pendukung di tempat wisata Budha tidur juga cukup lengkap baik untuk tempat makan maupun fasilitas pendukung yang lain.

Setelah melewati pintu gerbang tempat wisata Budha Tidur pengunjung selesai membayar karcis masuk akan langsung dijumpai gedung Sasono Budoyo yang didepan gedung terdapat patung umat Budha berdiri dengan berbagai posisi tangan. Gedung ini tidak dibuka untuk umum tetapi pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang gedung ini dengan batas untuk foto yang sudah diberi tanda sehingga pengunjung tidak boleh melebihi batas tersebut.


Gedung Sasono Budoyo di Komplek Budha Tidur (doc. pribadi)

Patung Budha Tidur terdapat ditengah kolam yang kelihatan besar dari ujung rambut sampai ujung kaki dan pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang patung Budha Tidur baik di dekat patung atau dari kejauhan. Kolam yang berada di bawah patung Budha Tidur berisi ikan yang tampak berenang kesana kemari dan jumlahnya lumayan banyak serta pengunjung dapat juga memberi makan ikan dengan membeli pakan ikan yang di jual di area komplek wisata ini. Patung Budha Tidur berwarna keemasan sehingga nampak megah dan nampak mencolok dibandingkan warna bangunan dan ornamen yang ada disekitarnya.


Kolam Ikan di bawah Patung Budha Tidur (doc. pribadi)

Disekitar kolam ikan juga terdapat kolam yang berisi tanaman Teratai yang tumbuh subur dan sangat indah apabila bunganya mekar. Bunga Teratai nampak penuh memenuhi kolam yang berukuran tidak terlalu besar. Pengunjung dapat juga berfoto dengan latar belakang kolam bunga teratai ini akan tetapi harus hati-hati karena disamping kolam ini terdapat kolam besar yang berisi ikan dan ditengah-tengah kolam ini terdapat patung Budha Tidur.


Kolam Bunga Teratai (doc. pribadi)

Pengunjung yang berwisata dikomplek Budha TIdur dapat menikmati dan berjalan-jalan diseluruh area komplek wisata Budha Tidur kecuali utnuk untuk ruangan memang tertutup sedangkan di setiap taman boleh dinikmati oleh semua pengunjung. Walaupun pengunjung bebas berkeliling dan menikmati tempat wisata ini agar selalu menjaga dan selalu bersifat sopan karena ini adalah tempat ibadah sehingga semua orang harus menghormatinya walaupun berbeda-beda keyakinan atau agama.

(Selamat Berlibur Bersama Keluarga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar