Jumat, 12 Juli 2019

ALUN-ALUN PASURUAN

Alun-Alun Pasuruan (doc. pribadi)

Pasuruan merupakan kota di Jawa Timur yang berada di timur kota Surabaya dan merupakan kota dengan penduduk campuran suku Jawa dan Madura. Kota Pasuruan merupakan ibu kota untuk kotamadya Pasuruan karena di Pasuruan ada kabupaten yang beribukota di kota Bangil. Sama seperti kota-kota di jawa pada umumnya kota Pasuruan juga mempunyai alun-alun yang terletak di tengah kota dan penataannya cukup indah dan fasilitasnya lengkap. Gapura utama atau pintu masuk utama alun-alun Pasuruan sangat bagus dan nampak kokoh dengan arsitektur Islam yang sangat kental.


Gapura Pintu Masuk Alun-Alun Pasuruan (doc. pribadi)

Di dekat alun-alun Pasuruan di bagian baratnya terdapat masjid agung kota Pasuruan yang cukup megah dan selalu ramai dikunjungi. Pengunjung yang datang dimasjid agung kota Pasuruan selain untuk melaksanakan ibadah juga untuk berziarah karena dibelakang masjid terdapat makam ulama yang sangat dihormati. Pada hari-hari tertentu jalan di depan masjid agung Pasuruan ditutup karena banyak umat muslim yang datang dan melaksanakan kegiatan di masjid ini.


Masjid Agung Pasuruan (doc. pribadi)

Pengunjung yang ingin berziarah ataupun mengunjungi alun-alun Pasuruan tidak perlu khawatir mengenai tempat parkir karena tempat parkirnya cukup luas dapat menampung kendaraan kecil atau besar dan pengunjung bebas menempatkan kendaraannya mau yang ada penjaganya atau tidak. Bagi pengunjung yang menempatkan kendaraan yang ada penjaganya harus membayar dan berada di depan pintu utama alun-alun dan depan pintu masuk masjid agung, sedangkan pengunjung yang menempatkan kendaraan bebas tanpa penjaga dapat ditempatkan disekeliling alun-alun dengan kewajiban bagi pemilik untuk mengawasinya sendiri.
Ditengah alun-alun pasuruan terdapat tugu yang cukup megah dan menjulang tinggi dengan gagahnya dan disekitar tugu terdapat kolam air mancur akan tetapi saat saya berkunjung di alun-alun ini kolamnya sedang tidak ada airnya sehingga tidak dapat menikmati air mancur. Banyak bunga-bunga yang di tanam di alun-alun kota Pasuruan sehingga membuat keadaan alun-alun nampak indah dan sejuk dipandang. Pengunjung dapat berolahraga dan duduk-duk saja dilokasi alun-alun karena telah disediakan sarana olahraga untuk berlari atau berjalan sehat dan beberapa tempat duduk disekitar alun-alun yang nampak terawat dengan baik.


Tugu Utama di Alun-Alun Pasuruan (doc. pribadi)

Pengunjung yang membawa anak tidak perlu khawatir berada di alun-alun Pasuruan karena tersedia beberapa permainan anak-anak yang aman dipergunakan oleh balita sekalipun dan beralaskan karpet plastik yang aman dan dapat menghindarkan anak-anak cidera lecet karena bermain. Fasilitas untuk anak-anak nampak terawat dengan baik dan terjaga kebersihannya sehingga orang tua tidak perlu khawatir anaknya bermain disitu. Ada dua tempat permainan untuk anak di alun-alun Pasuruan yang berada di sisi utara alun-alun dan sisi selatan alun-alun semuanya bebas dipergunakan oleh pengunjung.
Bagi pengunjung yang ingin bermain bersama merpati juga dapat menikmatinya di alun-alun Pasuruan karena di alun-alun ini terdapat rumah atau pagupon tempat burung merpati dan banyak anak-anak kecil berlarian mengejar burung merpati yang turun kebawah. Pengunjung juga dapat memberi makanan untuk burung merpati ini baik membawa makanan sendiri atau membeli dari pedagang yang ada alun-alun ini.


Sudut tempat permainan anak di Alun-Alun Pasuruan (doc. pribadi)

Pengunjung yang datang di alun-alun Pasuruan juga dapat menikmati makanan kecil atau makanan khas kota Pasuruan yang dijajakan oleh para pedagang dan tersedia juga di warung-warung yang berada di sekitar alun-alun. Sarana toilet juga tersedia di alun-alun Pasuruan dan tidak dipungut biaya untuk penggunaan fasilitas yang ada di alun-alun Pasuruan ini.

(Selamat Berlibur Bersama Keluarga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar