Rabu, 17 Juli 2019

AIR MANCUR DI BALAIKOTA SURABAYA

Balaikota Surabaya (doc. pribadi)

Setiap kota atau kabupaten di pulau jawa biasanya ada alun-alun atau tanah lapang yang biasa dipergunakan untuk kegiatan masyarakat, akan tetapi untuk kota Surabaya tidak mempunyai alun-alun. Sejarah kota Surabaya mengidentifikasikan bahwa Surabaya pernah memiliki alun-alun yaitu alun-alun contong yang sekarang menjadi sebuah perkampungan dan pertokoan. Menurut versi lain alun-alun Surabaya adalah tanah lapang yang sekarang di pakai tempat berdirinya Tugu Pahlawan. Walikota Surabaya Tri Rismaharini berencana akan membuat alun-alun di seberang Balai Pemuda.

Di depan kantor walikota Surabaya juga terdapat tanah lapang akan tetapi tidak terlalu luas dan sekarang sudah tidak berbentuk tanah lapang lagi akan tetapi sudah berupa taman yang indah dengan berbagai fasilitas yang ada. Taman di depan gedung Balaikota Surabaya lebih di kenal dengan nama Taman Surya. Fasilitas di Taman Surya lebih ditekankan untuk kegiatan bersantai dan bercengkerama dengan keluarga sehingga tidak ada sarana permainan anak-anak akan tetapi ada wahana yang dapat menghibur anak-anak.

Orang tua dan anak-anak biasanya senang berlibur di Taman Surya karena tempatnya bersih dan lumayan teduh untuk dipagi dan sore hari sedangkan untuk siang hari terasa panas karena tidak ada pohon rindang yang dapat memberi keteduhan. Anak-anak biasanya bermain air diluar pagar sambil menari-nari karena kegirangan air yang mucrat dari lantai membuat anak-anak senang berbasah-nasah ria akan tetapi orang tua harus waspada dalam mengawasi anaknya karena tempatnya disamping jalan raya yang ramai.

Pada hari minggu pagi dan sore hari biasanya banyak orang berolah raga di Taman Surya baik itu olahraga bola volley untuk orang dewasa atau olah raga sepatu roda yang biasanya diberi jalur atau rintangan untuk melatih ketrampilan anak-anak.

Air mancur di tengah-tengah Taman Surya atau yang sekarang lebih ditekankan kemasyarakat nama Balaikotanya juga sangat indah dan lumayan cukup besarserta apabila sudah sore hari menjelang petang lampu-lampu warna warni akan semakin mempercantik air mancur. Disekitar air mancur juga terdapat tempat duduk yang dapat dipergunakan oleh pengunjung menikmati indahnya air mancur di taman.


Air Mancur di Balaikota Surabaya (doc. pribadi)

Di Taman Balaikota selain air mancur ada fasilitas cantik lain yang dapat dipergunakan spot foto oleh pengunjung baik itu lampu-lampu taman antik yang banyak bertebaran di taman ataupun latar belakang bunga warna warni yang tumbuh dengan subur dan tampak begitu indah. Walapun taman bunga selalu disiram dan dirawat dengan baik akan tetapi keberadan taman ini tidak mengotori lantai keramik taman sehingga taman begitu indah dan bersih.


Lantai bersih di Taman Balaikota (doc. pribadi)

Selain fasilitas yang ada sebenarnya fasilitas yang membuat pengunjung senang ke Balaikota karena tempat parkirnya yang luas dan tersedia tempat parkir untuk kendaraan roda empat ataupun roda dua. Kemanan di Taman Balaikota juga sangat terjamin karena ada petugas khusus yang ditugaskan oleh Pemerintah Kota Surabaya baik dari unsur Linmas atau Satpol PP yang selalu siaga disekitar taman.

(Selamat Berlibur Bersama Keluarga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar