Jumat, 12 Juli 2019

TAMAN NGADILUWIH KEDIRI

Taman Ngadiluwih Kediri (doc. pribadi)

Kediri merupakan kota yang terletak di tengah-tengah wilayah propinsi Jawa Timur dan merupakan area Mataraman dengan menggunakan dialek bocah. Wilayah Kediri dibagi menjadi dua bentuk pemerintahan Kota Madya dan Kabupaten, untuk wilayah kabupaten Kediri disisi utara berbatasan dengan Kabupaten Jombang, disisi barat berbatasan dengan kabupaten Nganjuk dan Ponorogo, sisi timur berbatasan dengan kabupaten Malang, sedangkan sisi selatan berbatasan dengan kabupaten Blitar dan Tulungagung.

Berkunjung di kabupaten Kediri sekarang sudah banyak dibangun taman yang terbuka untuk umum dengan berbagai fasilitas di dalamnya dan salah satunya adalah taman Ngadiluwih yang terletak di kecamatan Ngadiluwih berada di selatan jalan utama Kediri-Tulungagung. Taman Ngadiluwih tidak jauh dari lampu merah pertigaan Ngadiluwih dan berada kurang lebih seratus meter dari pertigaan tersebut dan lebih tepatnya di utara pertigaan tersebut. Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi taman Ngadiluwih tidak perlu khawatir untuk tempat parkir karena tersedia tempat parkir kendaraan roda dua dan roda empat dengan biaya parkir yang cukup terjangkau dan ada petugas khusus yang menjaga tempat parkir tersebut.


Taman Ngadiluwih (doc. pribadi)

Di taman Ngadiluwih terdapat beraneka tanaman bunga yang tumbuh subur dan ditanam berkotak-kotak dengan kelompok tanaman yang berbeda sehingga menambah keindahan taman. Di tengah-tengah taman terdapat kolam air mancur dan tanaman bunga yang ditanam melingkari kolam air mancur. Kindahan taman bunga di taman Ngadiluwih ini sering menarik perhatian pengunjung untuk berfoto dengan latar belakang aneka tanaman yang ada.
Selain taman bunga di taman Ngadiluwih juga terdapat tempat permainan anak yang cukup lengkap dan terawat dengan baik. Aneka permainan anak mulai dari perosotan dan latihan keseimbangan serta jungkat jungkit tersedia di tempat ini. Orang tua agar selalu mengawasi anaknya apabila berkunjung ditempat ini agar keselamatan anak tetap terjaga dalam penggunaan fasilitas permainan yang ada selain itu tempat ini dekat dengan jalan raya yang ramai dikhawatirkan anak-anak bermain berlarian di jalan raya.


Aneka Permainan Anak di Taman Ngadiluwih (doc. pribadi)

Lapangan olahraga basket juga terdapat di taman Ngadiluwih ini dan tempatnya sangat bagus dan aman karena disekeliling taman terdapat pagar yang menghalangi bola agar tidak lari atau terlempar ke jalan umum sehingga membahayakan bagi pemain olahraga dan pengendara kendaraan umum di jalan raya Ngadiluwih. Lapangan basket di taman Ngadiluwih terbuka untuk umum dan siapa saja boleh menggunakan lapangan ini karena pintu lapangan selalu terbuka lebar dan tidak dikunci. Lapangan basket di taman Ngadiluwih cukup bagus dan disamping lapangan juga terdapat tempat duduk untuk penonton melihat permainan basket dan tempatnya berada di luar pagar kawat sehingga aman bagi penonton.


Lapngan Basket di Taman Ngadiluwih (doc. pribadi)

Di taman Ngadiluwih juga terdapat monumen pahlawan nasional Mayjen TNI Prof. Dr. Moestopo yang merupakan putra daerah yang lahir di Ngadiluwih yang baru saja diresmikan pada tahun 2017 oleh Menteri Sosial Republik Indonesia. Keberadaan monumen ini merupakan penghargaan yang cukup besar kepada putra daerah yang namanya cukup terkenal karena prestasinya dan ahli untuk berbagai bidang baik ilmu sosial, teknik maupun kedokteran. Nama Mayjen TNI Prof. Dr. Moestopo  banyak dipergunakan sebagai nama jalan di kota-kota besar di Indonesia dan salah satunya jalan di depan Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran Umum Universitas Airlangga Surabaya yang memisahkan kedua fakultas tersebut dengan Rumah Sakit terbesar di Jawa Timur yaitu Rumah Sakit Dr. Soetomo yang berada persis di depannya.


Monumen Mayjen TNI Prof. Dr. Moestopo di Taman Ngadiluwih (doc. pribadi)

(Selamat Berlibur Bersama Keluarga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar