Senin, 15 Juli 2019

TAMAN SUROBOYO IKON BARU DI PINGGIR PANTAI SURABAYA

Taman Suroboyo (doc. pribadi)

Peresmian Taman Suroboyo sebagai salah satu taman yang baru di kota Surabaya dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2019 sebagai salah stu kado ulang tahun kota Surabaya yang jatuh setiap tanggal 31 Mei. Taman Suroboyo terletak di kecamatan Bulak dan dekat denagn pantai Kenjeran dan disekitar Taman Suroboyo juga terdapat taman Bulak yang sudah lebih dahulu ada serta adapula sentra oleh-oleh yang tempatnya cukup baik dan bersih. Taman Suroboyo memiliki lahan yang cukup luas dan masih belum semuanya di manfaatkan atau dibangun taman dan masih berupa lahan kosong. Fasilitas yang menjadi andalan di Taman Suorboyo adalah adanya patung Suro dan Boyo yang paling tinggi berada di kota Surabaya. Patung Suro dan Boyo dikerjakan oleh seniman Bali I Wayan Winten yang juga mengerjakan patung yang menjadi ikon kota-kota di Indonesia dan salah satunya monumen Jayandaru di Sidoarjo.

 
Patung Suro dan Boyo di Taman Suroboyo (doc. pribadi)

Pengunjung di Taman Suroboyo kalau sore hari juga dapat menikmati air mancur yang lumayan besar dan cukup indah dengan permainan cahaya pada air mancurnya. Sayang di siang hari air mancur tidak dijalankan sehingga pengunjung tidak bisa menikmati kesejukan dan keindahan air mancur di taman Suraboyo. Menikmati air mancur dapat dinikmati dari taman atau dari pinggir pantai Kenjeran yang banyak bersandar perahu nelayan tradisionalnya. Di siang hari pengunjung dapat berteduh di bawah pohon rindang di pinggir pantai sambil menikmati angin semilir yang bertiup dari laut sambil bercengkerama bersama keluarga.


Pemandangan pantai Kenjeran dari Taman Suroboyo (doc. pribadi)


Bangunan Tempat Air Mancur di Taman Suroboyo (doc. pribadi)

Bagi pengunjung taman Suroboyo yang membawa anak kecil juga dapat memanfaatkan fasilitas permainan yang di bangun bebas dipergunakan oleh pengunjung akan tetapi apabila siang hari tempat permainannya sangat panas dan perosotan untuk anak pasirnya sangat keras dan bukan pasir yang lembut sehingga rawan untuk cidera oleh karena itu orang tua harus waspada dan selalu mengawasi anaknya apabila bermain di Taman Suroboyo. Bagi pengunjung yang senang berolahraga juga terdapat berbagai sarana olahraga yang dipergunakan terutama olahraga senam karena terdapat area lapang yang cukup bersih dengan lantai keramik dan dapat menampung puluhan orang untuk berolah raga.


Sarana Permainan anak di Taman Suroboyo (doc. pribadi)

Disarankan pengunjung yang ingin menikmati taman Suroboyo sebaiknya pada pagi hari atau sore hari karena pada siang hari suasana cukup panas dan masih belum terlalu banyak pohon yang di tanam sehingga belum teduh dan rindang.

(Selamat Berlibur Bersama Keluarga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar