Kamis, 18 Juli 2019

TAMAN PERSAHABATAN JALAN SULAWESI SURABAYA

Taman Persahabatan (doc. pribadi)

Mengunjungi taman-taman di Surabaya tidak akan lengkap kalau belum mengunjungi Taman Persahabatan di jalan Sulawesi Surabaya. Taman Persahabatan yang dahulu bernama Taman Sulawesi dan sampai dengan sekarang orangpun biasa menyebut Taman Sulawesi daripada Taman Persahabatan walaupun sudah ada tulisan besar di pinggir taman bahwa taman tersebut bernama Taman Persahabatan.

Taman Persahabatan dibangun pada masa walikota Surabaya dijabat oleh Bapak Bambang Dwi Hartono dan bu Tri Rismaharini walikota sekarang masih menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan sekarang menjadi Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau. Taman Persahabatan menjadi cikal bakal dimulainya pembangunan taman-taman yang ada di kota Surabaya agar semakin sejuk dan indah.

Pembangunan Taman Persahabatan di tandai dengan penanaman pohon bersama pada tahun 2007 antara walikota Surabaya dengan walikota Kochi Jepang. Sampai sekarang di dekat pohon mimbao yang ada di Taman Persahabatan terdapat plakat atau prasasti yang ditandatangani oleh kedua walikota tersebut.


Prasasti Penanaman Pohon Bersama di Taman Persahabatan (doc. pribadi)

Pada tahun 2015  di Taman Persahabatan ini di bangun monumen kerjasama antara pemerintah kota Surabaya dengan pemerintah kota Guangzhou, China, yang menegaskan bahwa di taman ini telah terukir secara simbolis kerjasama pemerintah kota Surabaya dengan berbagai kota di negara-negara asia.


Monumen Persahabatan di Taman Persahabatan (doc. pribadi)

Fasilitas di Taman Persahabatan cukup lengkap baik tempat duduk, sarana olahraga dan toilet juga tersedia, akan tetapi sayang untuk parkir kendaraan hanya tersedia bagi roda dua saja dan itupun tidak dapat memuat banyak kendaraan serta untuk dapat parkir harus hati-hati agar tidak terpeleset. Di taman ini pengunjung anak-anak dimanjakan dengan berbagai fasilitas permainan anak yang beraneka ragam dan dalam jumlah lumayan banyak. Berbagai fasilitas mainan anak yang ada di taman ini juga tampak terawat dengan baik. Bagi orang tua yang mengawasi anaknya dapat duduk-duduk dikursi taman yang tersedia cukup banyak dan dalam kondisi yang baik.


Fasilitas Permainan di Taman Persahabatan (doc. pribadi)

Taman Persahabatan tempatnya lumayan teduh dan sejuk karena selain banyak pohon besar yang dipertahankan juga terdapat berbagai kolam air yang ada air mancurnya dan juga ada air terjun buatan yang menambah kesejukan di taman ini. Jalan dan kondisi taman yang terawat dan selalu dibersihkan oleh petugas kebersihan yang ada semakin membuat pengunjung betah berlama-lama di taman ini.


Kolam Air di Taman Persahabatan (doc. pribadi)


Lingkungan dan Suasana Rindang di Taman Persahabatan (doc. pribadi)

(Selamat Berlibur Bersama Keluarga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar