Kamis, 22 Agustus 2019

BERBAGAI PENGHARGAAN DI TAMAN PRESTASI KOTA SURABAYA

Kota Surabaya memang terkenal sebagai kota Pahlawan tetapi selain itu kota Surabaya juga terkenal akan berbagai macam pernghargaan baik tingkat nasional maupun tingkat internasional. Berbagai macam p0ernghargaan tersebut diabadikan di dalam sebuah taman yang bernama Taman Prestasi yang terletak dekat dengan Balai Kota Surabaya dan Gedung Negara Grahadi. Taman yang dibangun cukup luas disepanjang kalimas ini terdapat berbagai macam fasilitas dan tentunya tidak lupa berbagai macam prestasi yang diperoleh oleh kota surabaya yang diabadikan dalam bentuk monumen. Monumen berbagai macam penghargaan dengan bentuk sesuai dengan macam atau jenis penghargaan yang diperoleh. Beberapa penghargaan yang dijadikan monumen di Taman Prestasi adalah penghargaan Adipura Kencana dan Wahana Tata Nugraha serta penghargaan-penghargaan yang lain.

Memasuki Taman Prestasi pengunjung melalui pintu masuk yang telah disediakan dengan tanpa dipungut biaya akan tetapi harus membayar biaya parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang dipakai. Tempat parkir yang disediakan cukup untuk menampung berbagai jenis kendaraan baik roda empat maupun roda 2 dan ada petugas parkir yang mengatur dan menjaganya. Pintu masuk Taman Prestasi akan dibuka sesuai dengan jam operasional pegawai sehingga sore dan malam hari akan ditutup.


Pintu Masuk Taman Prestasi (doc. Pribadi)

Di Taman Prestasi pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas taman yang diperuntukkan bagi anak-anak maupun orang dewasa. Ada berbagai macam permainan yang ada di Taman Prestasi baik yang berupa ketangkasan atau keberanian. Berbagai fasilitas yang ada di Taman Prestasi sangat terawat dengan baik dan ada petugas yang selalu membersihkan sampah dan merawat taman serta aneka permainan yang ada.

 
Permainan Anak di Taman Prestasi (doc. pribadi)

 
Aneka Permainan di Taman Prestasi (doc. pribadi)

Selain aneka permainan di Taman Prestasi juga ada replika pesawat tempur yang dipergunakan pada saat perjuangan merebut kemerdekaan. Pesawat tempur tersebut nampak gagah dan berwibawa menyambut para pengunjung dan terutama anak-anak sangat suka adanya pesawat tempur di Taman Prestasi.


Pesawat Tempur di Taman Prestasi (doc. pribadi)

Selain dapat menikmati fasilitas taman dan monumen yang ada di Taman Prestasi dapat berwisata naik perahu menyusuri kalimas dengan biaya yang sangat terjangkau akan tetapi perahu wisata di Taman Prestasi hanya dioperasikan pada saat hari sabtu dan minggu serta hari libur nasional saja. Biasanya masyarakat sangat antusias menikmati perahu wisata yang disediakan dan mereka rela untuk antri. Pada saat-saat tertentu walau hari libur perahu wisata tidak akan dioperasikan apabila bersamaan dengan adanya kegiatan yang menggunakan kalimas seprti lomba perahu naga. Di kalimas juga tersedia perahu naga yang dapat dipergunakan oleh pengunjung atau masyarakat umum untuk berlatih dengan mendaftar kepada pengelola dan harus membawa dayung perahu sendiri.


Perahu Wisata di Taman Prestasi (doc. pribadi)

Di Taman Prestasi juga ada jembatan penghubung yang menghubungkan Taman Prestasi dengan seberangnya dan biasanya jembatan penghubung akan dibuka pada saat Taman Prestasi ada kegiatan resmi pemerintah kota Surabaya atau pemerintah provinsi Jawa Timur. Kalau ada tamu-tamu negara penting dapat menikmati Taman Prestasi dan dermaga yang ada ada dibelakang gedung negara Grahadi.


Jembatan di Taman Prestasi (doc. pribadi)

(Selamat Berlibur Bersama Keluarga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar