Rabu, 25 September 2019

MONUMEN PERJUANGAN DI JALAN TAMAN MAYANGKARA SURABAYA


Mengunjungi Surabaya selalu tidak lupa untuk datang di Kebun Binatang Surabaya yang merupakan salah satu ikon kota Surabaya dan biasanya orang merasa belum lengkap kalau belum berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya. Diseberang Kebun Binatang Surabaya di apit Jalan Raya Darmo dan Jalan Raya Diponegoro tepatnya di Jalan Taman Mayangkara yang panjangnya hanya beberapa meter terdapat monumen perjuangan yang tidak ada nama petunjuknya. Monumen yang menggambarkan seorang laki-laki dengan mengangkat jangkar sangat terawat dengan baik.


Monumen Perjuangan di Jalan Taman Mayangkara (doc. pribadi)

Pada dinding monumen terdapat relief yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. Satu sisi terdapat relief kapal perang milik Indonesia yang sudah tidak operasional lagi atau sudah dipensiunkan dan pesawat tempur yang ada diangkasa. Satu sisi dinding relief menggambarkan personil angkatan perang turn dari kapal perang dan siap untuk melakukan penyerbuan ke lokasi musuh.


Relief di Monumen Jalan Taman Mayangkara (doc. pribadi)


Relief di Monumen Jalan Taman mayangkara (doc. pribadi)

Selain menikmati monumen pengunjung juga dapat menikmati taman yang tampak terawat dan teduh walaupun berada di tengah kota. Di sekeliling monumen juga ada kursi-kursi taman yang dapat dipakai oleh pengunjung atau dapat juga duduk-duduk dilantai dasar monumen yang tampak bersih. Beraneka ragam bunga yang di tanam di taman monumen perjuangan di jalan Taman Mayangkara yang tumbuh subur dan apabila berbunga akan tampat warna warni sangat indah.


Taman di Monumen Jalan Taman Mayangkara (doc. pribadi)


Taman di Monumen Jalan Taman Mayangkara (doc. pribadi)

Walaupun sudah terawat dengan baik akan tetapi masih saja ada tangan-tangan jahil yang berusaha merusak keindahan monumen dengan tulisan-tulisan yang justru akan merusak makna monumen. Semoga kedepan masyarakat semakin menghargai monumen perjuangan dan berusa ikut menjaga keberadaan monumen dan semakin indah dan terawat.

(Selamat Berlibur Bersama Keluarga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar