Rabu, 25 September 2019

TAMAN PERSAHABATAN INDONESIA DAN KOREA SELATAN DI SURABAYA


Taman Persahabatan Indonesia dan Republik Korea atau yang lebih dikenal dinegara kita sebagai Korea Selatan, di bangun dari dana masyarakat pemerintah Korea Selatan dan Asosiasi Korea di Surabaya. Taman yang menggambarkan eratnya hubungan antara kedua negara terutama dalam menjaga perdamaian dunia dibangun pada tahun 2010 saat walikota Surabaya di jabat oleh Bapak Bambang Dwi Hartono.

Taman Persahabatan di bangun di jalan Dr. Soetomo, kota Surabaya tepatnya di tengah-tengah jalan atau di pulau jalan yang memisahkan dua lajur jalan. Taman Persahatan selalu ada pengunjung yang memanfaatkan untuk berolah raga atau sekedar bersantai menghirup udara segar Pada Taman Persahabatan sudah dilengkapi tempat parkir untuk kendaraan roda dua akan tetapi tidak ada petugas yang berjaga untuk parkir kendaraan sedangkan untuk parkir kendaraan roda empat belum tersedia.


Taman Persahabatan Surabaya (doc. pribadi)

Pada Taman Persahabatan dilengkapi area untuk joging atau refleksi kaki bagi para pengunjung dan biasanya dipagi hari banyak warga disekitar jalan Dr. Soetomo melakukan aktivitas di taman tersebut. Di Taman Persahabatan in i juga dilengkapi air mancur mini yang menambah keasrian taman tersebut dan sudah ada larangan bagi para pengunjung untuk mandi di dalam kolam air mancur.


Tempat Untuk Refleksi (doc. pribadi)


Kolam Air Mancur (doc. pribadi)

Pada bagian tengah Taman Persahabatan di bangun monumen yang menggambarkan eratnya persahabatan kedua negara, Indonesia dan Republik Korea. Pada monumen terdapat tulisan yang menjelaskan dibangunnya monumen tersebut dalam bahasa Indonesia, bahasa inggris dan bahasa Korea. Nama monumen tertulis dalam bahasa Korea yang besar dan tidak ada tulisan bahasa Indonesianya sehingga orang yang tidak tahu  bahasa Korea tidak mengetahui nama monumen tersebut kalau tidak membaca penjelasan tentang monumen tersebut.


Bagian monumen yang berbendera Indonesia (doc. pribadi)


Bagian Monumen yang berbendera Republik Korea (doc. pribadi)

Taman Persahabatan selalu dirawat dan apabila ada tanaman yang sudah tidak subur lagi atau sudah layu akan diganti tanaman yang baru supaya terlihat asri dan rindang. Pemerintah kota Surabaya telah menugaskan beberapa pegawai yang merawat Taman Persahabatan sehingga layak untuk dikunjungi oleh tamu-tamu dari negara Republik Korea ataupun tamu dari negara lain selain masyarakat Indonesia pada khususnya.


Pohon-pohon besar di Taman Persahabatan (doc. pribadi)
]
(Selamat Berlibur Bersama Keluarga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar